Kamis, 24 Juli 2008

CONFESSIONS no.1 [mengutip judul album mas AFGHAN] xD

Today is Wednesday, July 23, 2008

Guw masih inget banget. Waktu itu, lagi ada semacam proyek kelas buat nilai akhir praktek pelajaran Agama, dan sekelas berbondong2 memenuhi satu panti asuhan di daerah Malabar. Pertama kali dateng, yah sebagai tamu yang tahu arti sopan santunl, kita anak2 satu kelas perkenalin diri dongs. Masing-masing maju, dikenalin sama-judulnya sih-MC.
Nah, pas bagian guw maju, ya guw bilang, “Aku Stevania Randalia. Dipanggil biasa Steva.” . terus ada temen guw, Tempe, yang nyahut, “Si Melankolis!”

…..

Guw juga masih inget banget. Kata itu keluar dari mulut temen guw untuk mendeskripsikan guw bukan yang untuk pertama kalinya waktu itu. Dan seperti sebelum-sebelumnya, guw langsung menyanggah di depan adek2 panti asuhan yang guw yakin, ngerti arti kata melankolis aja belum tentu, ”Apa sih, pe?”—lengkap dengan tulisan gede di jidat : GUW GAK MELANKOLIS, TAUK! MASAK LW NGANGGEP GUW GITU SIH?

......

Beberapa saat yang lalu, guw baru aja menyelesaikan mandat dari sang Ayah *halah* untuk menyirami tanaman, sementara dia dinas 2 hari ke Surabaya. Pas lagi nungguin ngisi ember sama air buat nyiramin taneman2nya, kucingku tersayang datang menghampiri lengkap dengan eongannya yang sampe sekarang masih belum bisa guw identifikasi, kalo nadanya di C minor itu maksudnya apa, kalo nadanya Bes itu maksudnya apa juga. Jadi, seperti biasa, guw cuma menjawab, ”Apa, kucingku sayang?”. Terus, seperti biasa lagi, dia menjawab dengan eongan di kunci piano yang berbeda lagi, dan guw hanya memalingkan muka seolah tadi hanya desiran angin, dan si kucing pun menyerah lalu duduk diam sambil kembali menjilati tubuhnya. *halah.halah.jadi ini intinya mau nyeritain apaan?hahaha*

Iya... pas dia dateng dan ngeong, terus entah dapet wejangan dari Ki Joko yang mana, entah yang REG MANTRA atau REG MANJUR itu, guw jadi mikir...

”Hu.....kalo nanti guw kuliah....Guw gak tinggal di rumah ini lagi...Guw gak bisa ketemu sama taneman2 di rumah ini, gak bisa ketemu sama Caly kucing Cinaku yang paling setia ini..huuuu...huu....”


*dan guw pun akhirnya mengakui :
OKE, GUW EMANG MELANKOLIS.*


Dari berfikir tentang kehilangan kucing, guw terus berfikir kehilangan tempat tidur kesayanganku, kamar mandi kesayangan, sampe taneman2 lucu di rumah yang baru 2 kali pernah guw siramin-keduanya karena wejangan dari papi,dan guw pun awalnya ngelakuin dengan wajah bertuliskan : ADUH......APAAN SIH, PA, NYIREMIN TANAMAN HARI GINI....ORANG LAGI ENAK2 NONTONIN SI KRISTINA NANGISIN SUAMINYA, AL AMIN NASUTION KETANGKEP BASAH MAEN SAMA PSK JUGA DI TIPI....*heheh*--selain tentunya kehilangan papi, mami, dan ka teisi..

See? Yah, guw gak tahu apa orang2 yang lain yang sedang mengalami fase yang sama dengan guw juga bakal ngerasain seperti ini, tapi yang ada di benak guw, “Ih, kalo guw terus cerita sama temen2 guw *yah pada kenyataannya mungkin beberapa bakal tau dengan guw nge-post blog ini, dodol!*, pasti mereka pada bilang lagi, “Ya ampun, steva mulai dengan kemelankolisannya!” atau, “Ih, steva, mulai deh berlebihannya.”

Yah, setidaknya sekarang guw sudah pada tahap yang lebih tahu diri daripada dulu, guw sudah mulai mengakuinya. Hehe .

Guw juga orang yang –sekali lagi guw akan mengakuinya—PEMIKIR.
Lah, seperti yang dari tadi guw ceritain, beberapa kalimat yang guw tulis di atas, pas tadi guw lama nyiremin taneman2 di halaman rumah, udah suka guw pikiiiiirriiiiin tuh mau nulis apa entar. Sebenernya ini sih mungkin lain lagi konteksnya. Ya kalo orang suka nulis mungkin suka emang gitu di kepalanya. Muncul kayak abstrak2 gitu di kepala mengenai mau mulai dari mana nulisnya, terus nanti tentang apa, yah.... kalo bahasa2 novelnya, : IMAJI ITU MENARI-NARI DENGAN LIAR DI KEPALAKU, MENYERUAK TUK SEGERA DITUMPAHKAN KE DALAM TULISAN.


Halah. Kairil Gibran kaleee. (:

Nah, inilah kerjaaan guw selama ini dalam masa recovery dari sakit demam-berlanjut-ke-kaligata-demam-flu-pusing2 selama hampir seminggu. Tidur, bangun, baca novel, dengerin radio, makan, baca novel lagi, terus ujung-ujungnya : MIKIR. Heu2.

Dan guw rasa sih ini penyebab terbesar guw ngidap insomnia. Hampir tiap malem, adaaaaaa aja ntar yang bikin susah tidur. Ato kepikir apaaaa gitu. Guw juga gak ngerti, ya kenapa mikirnya gak tadi siang. Kalo siang, guw pikun mode on, kalo malem, guw pemikir mode on. Halah. Gak mendukung nih. T__T


Dan nanti, kalo guw udah kuliah—yang masih entah dimana—guw juga gak akan nulis di komputer ini lagi. Bagi guw, butuh waktu juga untuk bisa mulai nulis lagi di komputer yang beda. Kayak waktu dulu komputer guw yang masih layar cembung tiba2 direbut dari MAMAnya ini *heuleuh*, dan guw jadi make komputer nyokap yang layar datar, super canggih ini, terus orang2 pada neriakin :TEPP....NULIS,TEPP....JANGAN MAEN DINER DASH MULU..., guw cuma : ”Heeehh...” karena ya emang susah aja bagi guw buat mulainya. Dan nanti......... guw bisa nulis curhatan guw lagi, buah2 pemikiran gila guw lagi, numpahin kemelankolisan guw yang udah stadium 5 ini dimana yaa ? hmp.. belum tentu juga guw dapet laptop... ke warnet.. masak ke warnet buat curhat? Dengan posisi layar komputer yang kadang bikin orang2 sewarnet bisa liat lw lagi buka pesbuk sama ngasi komen di epes orang. Yah... itu sama aja guw curhat ke abang2 warnet.. heu2.


Welll.. temen2 yang lagi ngerasain posisi kayak guw, kalian ngerasanya gimana? Just share ur comments by clicking the link below and let me know.. mungkin bisa berbagi kemelankolisan yang udah tingkat parah sama guw.hehehehe.

Cheerio,
Xoxo,
Helena.

Tidak ada komentar: